Ketua BEM FPIK UTU Menjadi Narasumber di Komunitas Penalaran Scirenity UNDIKSHA Bali
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 02. 06. 2020
  • 0
  • 434

MEULABOH – UTU, Senin 01 Juni 2020. Dalam Pandemi Covid-19 mempengaruhi dan mengubah banyak hal dalam kehidupan mahasiswa dalam proses perkuliahan. Aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan diluar rumah kini semua terpusat di rumah. Tentu ini bertahan dalam waktu yang lama dan menjadi kebiasaan baru. Dalam hal ini tidak menutup kemungkinanan untuk tetap diskusi publik dengan cara daring. Dalam Hal ini Ketua BEM FPIK UTU diminta Menjadi Narasumber Secara Daring melalui Apk. Whatapp di Komunitas Penalaran Scirenity (Scientific Reasoning Community) Universitas Pendidikan Ganesha Bali dengan Tema : “Motivasi Berprestasi Di Tanah Rantau” Pada tanggal 01 Juni 2020, Seminar yang diselenggarakan secara online ini menghadirkan pemateri Setiadi M Noor yang juga sebagai Founder Rumoh Kreatif FPIK UTU. Dalam hal ini belaiu menyampaikan sesuai dengan pencapaian ang diraihnya selama berkulliah dan pengalaman merantaunya selama ini.

“Pada dasarnya, merantau bukanlah sesuatu hal yang menyeremkan, jutru dengan merantau kita akan atau sejauh mana kepribadian kita, kita akan merasakan sejauh mana orang yang kita mendoakan kita dan orang-orang yang mendoakan kita, kita tau kemana kita harus kita pulang, dan kita tau siapa yang akan kita rindukan dan siapa yang merindukan kita” dalam penyampaian materinya.

“Seberapa besar usahamu, sudah berapa banyak kamu berkorban, apakah kamu melibatkan Tuhan-Mu secara utuh. Semua itu kamu lakukan untuk mengubah hidupmu lebih berati, motivasi terbesar dalam hisup adalah perjalanan hidup kita sendiri, jangan banyak mengeluh, jalani, syukuri lalau nikmati” Lanjutnya..

Mengingat pandemi Covid-19 bergerak dengan cepat dan menyebar melalui satu manusia ke manusia lain maka, kegiatan seminar pasti tidak bisa dilakukan. Kegiatan seminar identik dengan mengumpulkan banyak orang, tentu tidak bisa dilaksanakan selama pandemi ini berlangsung. Dalam penyampaian materinya, Setiadi M Noor memeberikan banyak rekomendasi untuk kita sama-sama belajar bagaimana sih syarat menjadi mahasiswa berprestasi. Sesuai dengan pengalaman pribadi saya sendiri banyak hal yang saya dapatkan selama di dunia perantauan. Ciptakan prestasi sebanyak-banyaknya di berbagi bidangnya usahakan bidang tersebut sesuai dengan program studi yang kalian ambil karena akan menunjang kedepannya untuk diri temen-temen, semisal saya sendiri di bidang Perikanan karena saya beranggapan jika saya mendapatkan ilmu hanya di bangku perkuliahan saja kurang cukup, makanya saya sering membuat karya-karya yang dilombakan sesuai dengan bidang saya di program studi perikanan menjadi indeks prestasi. Nah biasanya jika kita sering membuat karya karya yang sesuai dengan bidang keahlian kita, tentunya kan memudahkan kita di dalam perkulihanan, nah ini akan lebih mudah  dalam mewujudkan Nilai kita baik dengan IP/IPK lebih dari 3,5 atau bahkan lebih dari itu..

Seminar Online ini diikuti oleh 200 orang mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia serta terbuka untk Umum. dan dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Whatsapp Group.  Founder Komunitas Penalaran Scirenity (Scientific Reasoning Community) Universitas Pendidikan Ganesha Bali, I Ketut Andika Pradnyana, S.Pd mengatakan bahwa upaya memberikan diskusi online ini sebagai langkah institusi dalam memberikan jiwa semangat dan tetap produktif  pada mahasiswa di tengah pandemi covid-19. Sehingga mahasiswa tetap terjaga kualitasnya meski di Rumah Aja.

“Komunitas Penalaran Scirenity (Scientific Reasoning Community) merupakan salah satu komunitas penalaran ilmiah yang mempunyai tujuan untuk dapat mengedukasi, menginspirasi, memotivasi serta membangun generasi ilmiah,” ujar I Ketut Andika Pradnyana, S.Pd yang juga selaku CEO Komunitas Penalaran Scirenity (Scientific Reasoning Community) Universitas Pendidikan Ganesha Bali

Sementara Gede Gery Aprilliana selaku moderator, dan juga Member Of Komunitas Penalaran Scirenity (Scientific Reasoning Community) Universitas Pendidikan Ganesha Bali menyampaikan turut kebanggaanya dalam hal ini bisa menjadi moderator dalam hal ini yang diharapkan nantiya kegiatan selanjutakan akan tetap dilaksanakan.

Komentar :

Lainnya :